Minggu, 07 Agustus 2011

BUANG TAI DAN LEADERSHIPNESS

HP ade gw Blackberry Gemini. Biasanya dia utak atik tuh seharian. Kadang digeletakin aja di kasurnya seharian.

Tapi udah beberapa lama ini gw nggak ngeliat itu barang. Ya gw tanya dong….

Ternyata, dia bikin rusak bb temennya, dan dia ganti pake bb dia.. ckkck..

Gw jadi inget pengalaman kemaren event Fusion Music Festival 2011 kemaren, dimana gw dan temen-temen gw yang jadi panitianya.

Event tersebut gagal total. Ancur. Abis-abisan. Utang sana-sini. Sebenernya gw bisa aja cabut setelah event tersebut, dimana dengan tidak bermaksud hitung-hitungan, gw udah banyak keluar uang buat nutupin utang tersebut, termasuk HP gw. hal yang sama dirasain sama temen-temen gw. Tapi masalah muncul pas leader yang seharusnya ada buat anak buahnya, malah nggak ngeluarin apapun, entahlah apa dia sudah mengeluarkan sesuatu atau memang belum sama sekali. Yang jelas gw udah nggak respect. Kalaupun sekarang dia ngeluarin, UDAH TERLAMBAT.

WHAT MAKES BUSINESS LEADERS GREAT?

1. Live with integrity and lead by example

Integritas = kesesuaian antara perkataan dan perbuatan

Hal lainnya adalah memberikan contoh, how to work it out, exactly.

2. Develop a winning strategy or big idea

Pengembangan bisnis creative seperti Event Organization sangat diperlukan. Minimal seminggu satu kali dilakukan progress meeting. Bukan cuma nggak pernah kumpul, nggak ada koordinasi apapun. Kayanya di setiap lini bisnis apapun juga nggak gitu deh.

3. Build a great management team

Pendelegasian untuk kemajuan anak buah menurut gw sangat diperluin. Recruitment juga harus bener-bener. Ini bisnis yang (menuju) besar. Atau, solusinya menurut gw adalah dengan memberikan kepercayaan kepada anak buah, dengan knowledge transfer yang ada dapat membuat team yang ada menjadi solid, bahkan berkembang dengan pesat.

4. Inspire employees to achieve greatness

Dengan kepemimpinan yang baik, anak buah maupun team secara keseluruhan dapat terinspirasi. Gw? Gampang banget menginspirasi dan buat gw semangat, ngobrol aja bentar sama gw, ceritain hidup lo secara garis besar. Dan disitu gw bakalan bersyukur dengan kehidupan yang gw punya dan pengen kerja yang lebih baik lagi untuk cari pengalaman, at least untuk saat ini.

5. Create a flexible, responsive organization

Nah ini yang menarik, saking flexiblenya jadi ngaco, saking responsivenya jadi kebelejok. See?

6. Tie it all together with reinforcing management and compensation system

Ke-6 faktor tersebut merupakan business leadership wheel. What does he makes? Nothing. Just nothing. Wong adik gw aja bisa kok ngasih bb-nya ke temennya sebagai bentuk pertanggungjawabannya atas kesalahannya. Nah sebagai leader? Elo jawab sendiri deh.. yang ada nyusahin orang dengan gali lubang tutup lubang.

Sebenernya semua itu nggak akan jadi masalah kalau leadernya nggak one man show. But he did. And for the result? Mari dijawab sendiri lagi.

Akhirnya mungkin gw akan cabut dari situ. Buang tai disitu dong? Ah menurut gw nggak, karena yang gw rasain tuh gw dilempar tai kalo ada disitu melulu. Nah gw yang pasang badan mulu, nama ancur, duit lebur. Apalagi dong yang bisa diharepin?

Mungkin pada saat ini gw masih bisa memikirkan perasaan temen-temen gw yang lain. But eventually, gw bakalan cabut. Ada saatnya gw harus mikirin diri gw sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar